MEMBUAT COMMAND ALIAS PADA LINUX MINT

Asalamualaikum Wr.Wb

MEMBUAT COMMAND ALIAS PADA LINUX MINT



A.PENGERTIAN
Dalam komputasi , alias merupakan perintah di berbagai interpreter baris perintah ( kerang ) seperti Unix kerang , 4DOS / 4NT dan Windows PowerShell , yang memungkinkan penggantian kata dengan string lainnya. Hal ini terutama digunakan untuk menyingkat perintah sistem, atau untuk menambahkan argumen default untuk perintah teratur digunakan. Fungsi aliasing dalam MS-DOS dan Microsoft Windows sistem operasi disediakan oleh doskey utilitas baris perintah.
Sebuah alias akan berlangsung selama kehidupan sesi shell. Teratur alias digunakan dapat diatur dari file konfigurasi shell ( ~/.cshrc atau systemwide /etc/csh.cshrc untuk csh, atau ~/.bashrc atau systemwide /etc/bashrc atau /etc/bash.bashrc untuk bash) sehingga mereka akan tersedia pada awal sesi shell yang sesuai. Perintah alias baik dapat ditulis di file konfigurasi secara langsung atau bersumber dari file terpisah, biasanya bernama .alias (atau .alias-bash, .alias-csh, dll, jika beberapa kerang dapat digunakan).

B.Latar belakang 

Pada sistem operasi linux kita dapat mengubah maupun menambah fitur yang ada salah satunya command alias ini, kita dapat menambahkan command alias pada simtem operasi linux





C.Maksud dan tujuan

Tujuannya memudahkan kita dalam mengingat perintah dalam linux, tetpi ada sisi kelemahannya yaitu kita tidak mengetahui command yang aslinya





D.Alat dan bahan

  1. Niat dan usaha
  2. Laptop



E.Waktu pelaksanaan

Disini saya membutuhkan waktu kisaran 10 menit







F.Tahap pelaksanaan
1.  pertama kita masuk ke terminal dan masuk sebagai super user

 2. lalu kita edit ke direktori bash.bashrc dengan perintah "nano /etc/bash.bashrc"

3. lalu kita tambahkan perintah alias command baru='command lama' contoh alias pink=' 8.8.8.8' lalu save


4. lalu kita exit terminal kita, lalu kita masuk lagi keterminal kemudian kita coba alias yang kita buat tadi



5. berhasil

G. Hasil dan kesimpulan
hasilnya saya bisa menambahkan command alias ini dan dengan menggunakan command alias ini kita lebih medah untuk mengingat perintah pada terminal.


H. Referensi
https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Alias_(command)&prev=search 


sekian dari saya bila ada kekurangan saya mohon maaf
Wasalamualaikum Wr.Wb